Langsung ke konten utama

Lebaran yang Tak Seperti Dulu

Dentuman beduk dan takbir ramai terdengar di langit-langit malam, esok hari raya Idul Fitri ke-23 bagiku. Semakin lama momen Idul Fitri semakin terasa seperti plat mobil Jakarta, B aja. Entah karena usiaku yang semakin bertambah atau karena esensi Idul Fitri yang mulai memudar.

Ingat masa kecil dulu, tak sabar rasanya menunggu hari raya Idul Fitri. Aku selalu bangun pagi bergembira menyambut hari raya. Saat membuka mata, aku langsung bangun, berdiri di atas kasur, melompat-lompat bahagia sambil mengucap "Yeay, hari ini lebaran".

Entah mengapa momen lebaran saat kecil terasa begitu membahagiakan, senang memakai baju baru, senang makan kue-kue yang hanya tersedia saat lebaran, senang bertemu sanak saudara, senang bermain petasan dan kembang api, juga senang mendapat angpau dari orang-orang. Ah bahagia di masa kecil memang sesederhana itu.

Kini momen Idul Fitri terasa biasa saja. Bahagia? Ya, tentu saja bahagia dapat kembali bertemu hari raya yang hanya ada satu tahun sekali. Hanya saja kebahagiaan itu bukan lagi berbentuk materi. Bukan lagi bahagia karena baju baru, kue-kue dan angpau. Entahlah bagaimana menggambarkannya, ada perasaan campur aduk yang sulit disampaikan. Ah biar itu hanya aku dan tuhan yang tahu. Harapanku, semoga Ramadhan kemarin mampu menjadi latihan bagi diri dalam menghadapi hawa nafsu, semoga amal ibadah yang sedikit ini diterima oleh Allah Swt.

Momen Idul Fitri terasa semakin "biasa aja" semenjak kepergian nenek dan kakekku beberapa tahun silam. Biasanya kami berkumpul di rumah nenek, menyambut tamu yang bejubel hingga sore hari. Berkumpul dengan sanak saudara dari berbagai penjuru.

Semenjak kepergian nenek dan kakek, rute silaturahim semakin pendek. Kini saudara-saudara berkumpul di rumahku, karena ayahku adalah anak tertua. Setelah sanak saudara pulang, rumah kami kembali sepi. Entah mengapa ada perasaan sedih yang menyeruak.

Sebetulnya saat ini aku berada di titik jenuh. Jenuh dengan kehidupan di dunia maya, jenuh melihat prilaku orang-orang. Saat ini doa-doa disampaikan melalui media sosial, kesedihan mengakhiri Ramadhan ditunjukkan di media sosial, kebahagiaan menyambut Idul Fitri ditunjukkan melalui media sosial. Membuatku semakin bingung membedakan wajah syukur, ikhlas dan riya.

Kini, keramaian Idul Fitri berpindah ke media sosial, sedangkan kehangatan kumpul keluarga dan teman tak seperti dulu lagi. Idul Fitri mulai dijadikan ajang berbagus-bagus pakaian, bercantik-cantik penampilan, beramai-ramai upload kebahagiaan di media sosial.

E-flyer lebaran dari berbagai organisasi dan instansi dengan serempak menghiasai status media sosial teman-temanku. Membuatku tak menikmati lagi esensi doa, harapan dan permohonan maafnya, lebih terlihat seperti formalitas belaka.

Kejenuhan ini ternyata berefek hingga ke pekerjaanku. Inspirasi hilang entah kemana, tak ada inspirasi sama sekali yang lewat di fikiran, padahal aku punya tugas desain ucapan hari raya untuk besok, hingga larut malam aku belum juga mampu menyelesaikannya. Ah perkara desain ini memang sangat menggantungkan mood.

Sepertinya aku benar-benar berada di titik jenuh, aku hanya ingin menyampaikan permohonan maaf yang tulus, bukan dari pantun-pantun dan kata mutiara yang membuatku pegal membacanya, bukan pula melalui desain pamflet lebaran yang dipasang di status.

Bolehkah aku mengucapkannya langsung? Menjabat tangan dengan ketulusan hati? Menyunggingkan senyuman perdamaian, kemudian kuperhatikan mata-mata yang memaafkan dengan segala kelapangan hati.

Maafkan segala kesalahan diri ini
Selamat Hari Raya Idul Fitri
Semoga amal ibadah kita diterima Allah Swt
Semoga kita kembali dipertemukan dengan Ramadhan







Komentar

Postingan populer dari blog ini

As-Sam'iyyat

As-Sam’iyyaat Temen-temen pernah denger istilah As-sam’iyyat? Mungkin sebagian dari kita udah nggak asing lagi dengan istilah ini, As-Sam’iyyat merupakan perkara yang tidak dapat digambarkan dengan pancaindera manusia dan hanya dapat diketahui melalui al-quran dan al-hadis. Adapun perkara-perkara yang termasuk as-sam’iyyat adalah alam kubur, hari kiamat, malaikat, jembatan sirath, padang mahsyar, surga dan neraka. Bahkan, jin, dan setan juga merupakan perkara as-sam’iyyat karena kita tidak dapat melihatnya dengan kasat mata kecuali dengan kekuasaan Allah. Kita sebagai umat muslim wajib untuk meyakini akan adanya as-sam’iyyat walaupun hal tersebut hanya dapat kita dengar dari al-quran dan hadits. Dalil kewajiban beriman dengan perkara sam’iyat seperti yang Allah firmankan di dalam Al-quran : الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ “(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebah

Ibnu Qutaibah dan Ilmu Musykil al-Qur’an: Dialektika antara Akal dan Teks

Pendahuluan Al-Qur’an telah diturunkan oleh Allah Swt dengan jelas dan terperinci, kandungannya benar dan jauh dari kesalahan. Apabila manusia yang membuat a l-Qur’an, tentu saja ada berbagai pertentangan di dalamnya. Sebagaimana firman Allah Swt dalam surat al -Nisa ayat 82: أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا “ Maka apakah mereka tidak memperhatikan al- Qur ’ an? Kalau kiranya al- Qur ’ an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat i pertentangan yang banyak di dalamnya. ” (QS. Al-Nisa’: 82) Oleh karena itu, para ulama menggunakan kata “musykil” pada ilmu al-Qur’an ( musykil al-qur’an ), bukan mukhtalaf sebagaimana yang digunakan dalam pembahasan ilmu hadis ( mukhtalaf al-hadits ). Hal ini dikarenakan a l-Qur’an adalah haq , tidak ada pertentangan di dalamnya, berbeda dengan hadis yang masih bisa diperdebatkan. Meskipun demikian, tidak semua ayat a l-Qur’an dapat dipahami secara lang

Sunnah-Sunnah Sholat Menurut para Imam Madzhab

Shalat merupakan  kewajiban seorang muslim kepada Tuhannya, Allah. Ibadah inilah yang paling pertama akan dihisab di akhirat kelak, sebagaimana sabda Rasulullah Saw: إِنَّ أَوَّلَ مَايُحَاسَبُ بِهِ النَّاسُ بِهِ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ أَعْمَالِهِمْ الصَّلاة “Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab dari amal perbuatan manusia pada hari kiamat adalah sholatnya.” Nah, sudahkah kita memahami betul perkara-perkara sholat? Kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu yang pernah saya pelajari ketika belajar di TMI Pesantren Modern Daarul Uluum Lido dalam kitab “Al-Fiqhu ‘alaa Madzaahibil Arba’ah” (Imam Syafi’i, Imam Maliki, Imam Hanifah dan Imam Hanbali) karya Abdurrahman Al-Jaziri. Terkadang kita menyepelekan dan mengabaikan perkara-perkara sunnah dalam sholat, memang kita tidak berdosa jika meninggalkan perkara sunnah, namun hal ini tentu akan merugikan kita. Menurut Imam Syafi’i dan Hanbali Sesungguhnya barangsiapa yang meninggalkan sunnah-sunnah shalat, Allah SWT tidak membe