Langsung ke konten utama

Kuliner Hits Jogjakartaaah

Sendirian di rumah di hari libur, orangtua kerja dan adek sekolah, ngapain lagi kalau bukan ngabisin waktu di depan laptop. Seharian bisa di kamar aja hehe. Kali ini mau cerita sedikit tentang kuliner di Jogja, meskipun ga hobi kulineran atau jadi food fotografer. Cuma kali ini sayang aja ngeliat foto makanan di hp yang gatau mau diapain. Diupload nggak, dicetak juga ngga. Tapi tiba-tiba kepikiran buat upload di blog sih, barangkali bisa jadi referensi kuliner buat yang baca. Meskipun ga yakin juga ini tulisan ada yang baca dan blognya dibuka orang haha. Tapi seenggaknya bisa nambahin tulisan di blog yang lama-lama mulai angker ga pernah diisi.

Akhir tahun 2017 lalu Alhamdulillah bisa main lagi ke Jogja. Soalnya pertama kali ke Jogja dulu banget, pas kelas 2 SD, hehe. Biarpun gitu tapi kenangan Jogja tak terlupakan. Waktu di Jogja dulu aku ke Borobudur sama ke pantai gitu. Tapi lupa nama pantainya apa, karena masih kecil jadi ga mikirin nama pantai, mikirinnya main air dan pasir hehe.

Nah, kali ini aku ke Jogja bareng temen-temen kerja, lebih pantes dipanggil om-om dan kakak2 sih soalnya usia mereka lumayan beda jauh dan aku paling muda sendiri, haha. Posisi aku cuma sebagai anak magang tapi Alhamdulillah dikasih kesempatan buat ikut. Waktu itu ada pertemuan penulis Nu Online dan Islami.co di Jogja.

Kita berangkat Rabu malam (5 Desember) dengan menggunakan pesawat. Take off sekitar pukul 23.00 WIB karena pesawatnya delay. Jadilah kita sampai di bandara tengah malam, waktu itu pun bandara udah hampir tutup. Setelah beberapa lama luntang-lantung ga jelas di jalanan, datanglah sang penyelamat tadaaaa “Abang grab car” yang akhirnya datang juga untuk mengantar kami ke sekret Gusdurian, makasih abang penyelamat. Kita numpang di sekret Gusdurian karena emang ga nyewa hotel atau homestay karena kita datang H-1 sebelum acara dimulai. Sebelum masuk ke sekret Gusdurian kita ngisi perut dulu di warkop yang nggak jauh dari sekret. (Padahal sebelum berangkat udah makan nasi padang di kantor :D)
Sekret Gusdurian

Besoknya (Kamis, 6 Desember), sekitar jam 13.00 kita berangkat ke kebun binatang Gembira Loka. Harga tiket masuknya beda jauh sama di kebun binatang Ragunan Jakarta, hehe. Kalo ke ragunan cukup ngeluarin uang 3.500 rupiah. Tapi kalo ke Gembira Loka ga cukup ya guys, harga tiket masuknya 25.000 atau 35.000 gtu, duh lupa haha, maklum bukan aku yang bayar. Ya pokoknya segituan lah.

Eh tapi harga ga bisa bohong loh, kebun binatang Gembira Loka bersih dan nyaman banget, hewannya juga terurus pokoknya, dan yang teristimewa ada pinguin di sana. Selain bisa lihat satwa, kita juga bisa foto bareng sama reptil atau burung. Berhubung aku suka ular, seneng banget pas ketemu ular kuning, langsung minta foto bareng. Eh tapi itu ular jenis apa ya, sanca kayaknya deh.

Yang ternyaman lagi kandang burungnya sih, jadi kita bisa masuk ke kandang raksasanya dan lihat langsung burungnya dari deket, tapi so pasti hanya jenis-jenis burung tertentu ya. Di sana juga ada beberapa fasilitas permainan, tapi beberapa lagi diperbaiki. Jadi waktu itu aku cuma main perahu bebek. Itu pun cuma main berdua, yang lainnya sibuk kerja dan ngeliatin aku doang. Hehe duh kayak anak kecil rasanya.
Ini di kandang burung raksasa, bisa foto bareng dari deket. Tapi hati-hati yaa.

Perahu bebek

Setelah main ke Gembira Loka, kita mampir ke Bakmi Jowo Mbah Gito. Lokasinya di Jalan Nyi Ageng Nis No 9 Rejowinangun, Kotagede. Tepat di depan rumah makan itu ada lahan kuburan, tapi Insyaallah ga serem lah ya.

First time liat rumah makan Bakmi Jowo Mbah Gito, ga nyangka masa kalau itu rumah makan. Lebih keliatan kayak gubuk gitu. Bangunannya ga begitu tinggi, dari luar cuma keliatan tembok dari anyaman bambu gitu. Tapi pas liat dalemnya, duh sangat eksotis dan suasana desanya dapet banget.
Ini wayang koleksi Rumah Makannya Mbah Gito

Nah semua tiang di gubuk ini miring, makanya disebut gubuk reot. Tapi tenang aja, ga akan rubuh kok hehe

Ada musik-musik gamelan, lampu-lampunya kuning, banyak tiang-tiang dari pohon yang miring gitu, makanya disebut gubuk reot Mbah Gito. Eh btw dulunya gubuk ini kandang sapi loh guys. Pantes aja pertama kali liat itu keliatan kayak gubuk. Tapi dalemnya super eksotis, instagramable banget pokoknya.

Tebak ini patungnya siapa?

Ada yang tau artinya?

Di sana aku mesen magelangan, direkomenasiin sama Om Dedik, katanya enak dan aku harus nyoba. Karena gatau apa itu magelangan, jadi aku langsung oke-in aja buat pesen itu. Ternyata magelangan itu campuran nasi sama mie, rasanya ga jauh beda sama nasi goreng sih. Tapi ini porsinya bener-bener super, jadi aku ga kuat buat ngabisinnya, udah gitu temen makan yang di samping juga gamau bantuin, padahal biasanya dia jadi vacum cleanner setiap kali makananku ga habis hehe. Dia yang mesen bakmi goreng juga ga habis ternyata. Kalau harga sih ga beda jauh sama bakmi-bakmi di Jakarta, tapi cukup terjangkau lah.
Magelangan yeay

Kalau ini bakmi kuah, enak banget, serius

Setelah mengisi perut di Gubuk reotnya mbah Gito, kita melanjutkan perjalanan ke Candi Ijo, sengaja dateng sore-sore supaya bisa liat sunset. Candi Ijo terletak di dataran tinggi, so kita bisa lihat pemandangan indah dari ketinggian, lampu-lampu dari pemukiman warga, awan yang kerasa deket banget dan detik-detik tenggelamnya matahari yang bisa kita lihat jelas.

Kita sampe di Candi Ijo sekitar jam 5 sore, ngga lupa buat narsis foto-foto, oya udara di sana juga seger banget, cocok buat nenangin diri buat yang lagi galau, loh. Oya Candi Ijo ga terlalu besar, cuma ada satu ruang di dalemnya, kayaknya dulu tempat ibadah gitu. Dari luar ada empat sisi, di sisi depan ada tangga buat masuk ke dalamnya. Di sekitarnya ada candi-candi kecil yang ngelilingin. Pemandangan di Candi Ijo bagus banget pokoknya, serasa lagi hiking gitu karena seakan-akan kita ada di langit hehe.

Candi Ijo. Candinya bukan warna ijo sih, duh lupa nanya kenapa disebut Candi Ijo

Berasa di puncak gunung kan? hehe. Oya kenalin ini Mbak Hexa, ibunya Islami.co, eh maksudnya ibu sekretaris

Sunset di Candi Ijo, yang di belakang itu salah satu candi kecil yang ngelilingin candi ijo

Setelah gelap kita pulang karena udah diusir juga sama penjaganya, hehe mungkin kalau malam bahaya juga karena banyak bebatuan dan posisinya di ketinggian gitu. Dari Candi Ijo kita mampir dulu di salah satu tempat tongkrongan mahasiswa, duh lupa namanya. Di sana kita cuma ngopi aja, aku sendiri ga mesen apa2 karena masih kenyang banget sama magelangannya Mbah Gito. Eh btw kopi yang tumpeh-tumpeh di sini harganya murah banget, dari 3.000 sampe 6.000 an aja. Padahal kalo minum kopi di Jakarta paling murah 10.000. Duh alafyu Jogja, pokoknya de bes lah harga makanannya.

Dari sana kita menuju Alun-Alun Kidul atau yang biasa disingkat Alkid. Itu loh tempat hits yang banyak mobil lampu warna-warni. Oya di tengah alun-alun, ada dua pohon beringin kembar. Banyak mitos tentang pohon beringin itu, tapi yang paling terkenal untuk melatih konsentrasi sih, jadi mata kita ditutup terus lewat di jalan antara dua beringin itu, yang berhasil berarti hatinya bersih dan konsentrasinya bagus. Sayangnya ga moto pohon beringin itu karena awalnya ga niat buat ditulis di blog.
Ini salah satu prajurit yang mau lewatin pohon beringin kembar. Oh iya kenalin, ini sensei saya, namanya seribu, eh Alvin maksudnya

Awalnya aku gamau nyoba karena gatau kenapa rasanya gelap banget ditutup matanya, plus harus lewatin pohon beringin pula, dari dulu udah parno aja kalau lewat pohon beringin haha. Tapi akhirnya dipaksa juga buat ikutin challenge itu meskipun teriak-teriak takut ga jelas haha. Dua kali nyoba dan hasilnya, heemm gagal. Padahal udah yakin banget itu jalannya udah lurus, tapi ternyata gagal dan nyasar jauh banget hiks. Di Alkid aku juga aku juga naik mobil wara wiri yang warna-warni itu, seneng sekali. Duh norak banget gue haha. Btw, satu mobil cukup untuk berempat, ada juga yang kapasitasnya buat 6 orang. Mau berdua aja juga boleh. Dua kali muterin alun-alun pake mobil ini bayarnya sekitar 30 ribu waktu itu, tapi masih bisa ditawar kok. Oya ini mobilnya dikayuh kayak sepeda bukan pake mesin hehe.

Setelah bersenang-senang ria di Alkid, destinasi terakhir yaitu kulineran lagi. Kali ini ke sate klatak Pak Bari yang berlokasi di Pasar Jejeran Wonokromo, Jalan Imogiri Timur, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Sate klatak ini salah satu kuliner terfavorit di Jogja, apalagi setelah film AADC 2 tayang. Salah satu tempat makan yang dikunjungi Rangga dan Cinta adalah sate klatak Pak Bari ini. Maka ga salah kalau orang-orang ramai mau mencicipi kuliner ini.

Btw kalau pagi ini tempat jualan, ya namanya juga pasar. Nah tapi kalau malam disulap jadi tempat makan sate klatak Pak Bari. Sate klatak itu sate kambing muda yang dibakar biasa, bedanya tusuknya itu pakai besi. Nah pakai besi biar daging matangnya rata sampai ke tengah-tengah. Katanya sih kalau dibakar ada suara klatak-klatak makanya disebut sate klatak. Selain sate klatak ada juga gulai, tongseng dll. Harganya pun terjangkau, dari 16 ribu sampai 20 ribu. Waktu itu kita makan berenam cuma habis sekitar 160.000

Sate Klatak dan Gulai

Ikonnya sate klatak. Btw itu guru besar kita semua, uda Hengki namanya

Kita sampe sana udah lumayan malem sih, sekitar jam 11. Karena capek jadi ngantuk banget dan ga begitu nafsu makan juga. Tapi setelah satenya datang, makannya lahap juga haha. Seporsi nasi di sini terbilang sedikit, cuma sepiring kecil. Tapi karena kondisi waktu itu lagi ga terlalu lapar, jadilah itu makan satu piring berdua. Hehe

Sate klatak recommended banget pokoknya buat yang singgah ke Jogja, meskipun dimasak dengan bumbu yang sederhana, tapi bumbunya nyerep banget ke daging, apalagi kalau ditambah sambal kecap. Dagingnya empuk merata dan ga ada bau kambingnya pokoknya. Sedap sekali.
Udah dulu deh segitu aja, ini juga capek ngetiknya dan mikirin juga karena harus nostalgia kan mengenang kenangan di Jogja, eh.

1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

2. Ayam Bangkok Super yang mempunyai beberapa gaya teknik pukulan yang Jitu, Apa sajakah Teknik tersebut ? kunjungi langsung di http://tajenonline.live
    Atau bisa hubungi WA pemilik Ayam Bangkok Super kami 0812-2222-995
    Jangan lupa di share teman teman nya juga ya.

Postingan populer dari blog ini

As-Sam'iyyat

As-Sam’iyyaat Temen-temen pernah denger istilah As-sam’iyyat? Mungkin sebagian dari kita udah nggak asing lagi dengan istilah ini, As-Sam’iyyat merupakan perkara yang tidak dapat digambarkan dengan pancaindera manusia dan hanya dapat diketahui melalui al-quran dan al-hadis. Adapun perkara-perkara yang termasuk as-sam’iyyat adalah alam kubur, hari kiamat, malaikat, jembatan sirath, padang mahsyar, surga dan neraka. Bahkan, jin, dan setan juga merupakan perkara as-sam’iyyat karena kita tidak dapat melihatnya dengan kasat mata kecuali dengan kekuasaan Allah. Kita sebagai umat muslim wajib untuk meyakini akan adanya as-sam’iyyat walaupun hal tersebut hanya dapat kita dengar dari al-quran dan hadits. Dalil kewajiban beriman dengan perkara sam’iyat seperti yang Allah firmankan di dalam Al-quran : الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ “(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebah

Ibnu Qutaibah dan Ilmu Musykil al-Qur’an: Dialektika antara Akal dan Teks

Pendahuluan Al-Qur’an telah diturunkan oleh Allah Swt dengan jelas dan terperinci, kandungannya benar dan jauh dari kesalahan. Apabila manusia yang membuat a l-Qur’an, tentu saja ada berbagai pertentangan di dalamnya. Sebagaimana firman Allah Swt dalam surat al -Nisa ayat 82: أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا “ Maka apakah mereka tidak memperhatikan al- Qur ’ an? Kalau kiranya al- Qur ’ an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat i pertentangan yang banyak di dalamnya. ” (QS. Al-Nisa’: 82) Oleh karena itu, para ulama menggunakan kata “musykil” pada ilmu al-Qur’an ( musykil al-qur’an ), bukan mukhtalaf sebagaimana yang digunakan dalam pembahasan ilmu hadis ( mukhtalaf al-hadits ). Hal ini dikarenakan a l-Qur’an adalah haq , tidak ada pertentangan di dalamnya, berbeda dengan hadis yang masih bisa diperdebatkan. Meskipun demikian, tidak semua ayat a l-Qur’an dapat dipahami secara lang

Sunnah-Sunnah Sholat Menurut para Imam Madzhab

Shalat merupakan  kewajiban seorang muslim kepada Tuhannya, Allah. Ibadah inilah yang paling pertama akan dihisab di akhirat kelak, sebagaimana sabda Rasulullah Saw: إِنَّ أَوَّلَ مَايُحَاسَبُ بِهِ النَّاسُ بِهِ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ أَعْمَالِهِمْ الصَّلاة “Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab dari amal perbuatan manusia pada hari kiamat adalah sholatnya.” Nah, sudahkah kita memahami betul perkara-perkara sholat? Kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu yang pernah saya pelajari ketika belajar di TMI Pesantren Modern Daarul Uluum Lido dalam kitab “Al-Fiqhu ‘alaa Madzaahibil Arba’ah” (Imam Syafi’i, Imam Maliki, Imam Hanifah dan Imam Hanbali) karya Abdurrahman Al-Jaziri. Terkadang kita menyepelekan dan mengabaikan perkara-perkara sunnah dalam sholat, memang kita tidak berdosa jika meninggalkan perkara sunnah, namun hal ini tentu akan merugikan kita. Menurut Imam Syafi’i dan Hanbali Sesungguhnya barangsiapa yang meninggalkan sunnah-sunnah shalat, Allah SWT tidak membe