المثال
|
الدّليل
|
الشرح
|
تقسيم العقيدة
|
الرّقم
|
|
وجود، قدام، بقاء، مخالفة
للحواديث، قيامه بنفسه
|
لَيْسَ
كَمِثْلِهِ شَيْءٌ ۖ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ (الشّوري : ١١)
|
الذّات
|
الإلهيات
|
١.
|
|
الوجه، اليد،
|
ذاته وفعله :
الذاتية
|
الصّفات
|
|||
خلق، جعل، غضب، رحم، رضي
|
ما شاء كان وما لم يشأ لم
يكن
|
الفعلية : يتعلق بمشيئته و
الارادة،
|
|||
السمع، البصر، الكلام
|
ذاتية فعلية
|
||||
ثبوته :
الثّابتة، ما اثبتها اللّه لنفسه وأثبتها له رسوله
|
|||||
النّافية، ما نفاها اللّه عن نفسه أو نفا عنها له رسوله
|
|||||
أدلّة ثبوته :
السّمعية، السّمعيّة الفعليّة
|
|||||
راض، رحيم، عفور، رزّاق،
|
الجمال والجلال : ١.
الجمال : الّتي تبعث المحبّة للّه
|
||||
الغضب، القوّة، القهر،
السّخط،
|
٢. الجلال : الّتي تبعث المخافة من
عذابه الغضب
|
||||
كلّ شيء هو في شأن
الرحمن
: ٢٩
|
الأفعال
|
||||
الأسماء و الصّفات
|
النّبوّات
|
||||
الوحي، النّبأ، الرّسالة
|
|||||
القوّة/ الطّاقة
|
|||||
الأمة
|
|||||
الإعجاز
|
|||||
الكتاب
|
السّمعيّات
|
||||
الملائكة
|
|||||
اليوم القدر
|
الرّئاسة،
الخلافة، الولاية، الإمارة، المملكة = المنهاج
الرّئيس،
الخليفة، الإمام، الولي، الملك = المتولي المنهاج
الأمة،
الجماعة
اثبات الصّفات
|
مذهب السّلف
|
|
يؤول مع التّفويض
|
منع التأويل
|
|
لا يؤوّل
|
||
يفوّض
|
المفردات
:
استئناثا : اعتمادا
reinkarnasi
تناسخية :
Mengapa
khilafah merupakan salah satu pembahasan dalam bab aqidah?
Pembahasan dalam aqidah meliputi ilahiyah (ketuhanan), nubuwwah
(kenabian) dan as-samiyyat (perkara-perkara ghaib yang tidak bisa
diketahui dengan panca indra dan hanya dapat diketahui melalui Al-Qur’an dan
Al-Hadith, karena hanya Allah Swt yang mengetahuinya). Salah satu pembahasan
pada nubuwwat adalah ummah (umat), karena Nabi Saw diutus untuk
para umat. Saat Nabi Saw wafat, kepemimpinannya digantikan oleh khalifah. Maka dari itu ada sebuah pernyataan yang
mengatakan bahwa “Menaati khalifah adalah bagian dari iman”.
Islam tidak akan berarti tanpa ada umat, sebagaimana umat tidak
akan berarti tanpa ada kholifah. Taat kepada imam adalah kewajiban, kecuali
jika imam itu memerintahkan maksiat, maka tidak boleh diikuti.
Umat tidak bisa terlepas sekejap pun dari pemimpin. Ketika Nabi Saw
wafat, khalifah pengganti sudah ditentukan sebelum beliau dimakamkan, karena
dikhawatirkan akan terjadi perpecahan antar umat islam. Bahkan Ibnu Taymiyah
berkata “60 tahun kekuasaan raja tirani lebih baik dari pada waktu sesaat tanpa
pemimpin”. Dalam sebuah riwayat Rasulullah Saw bersabda
من
خرج على الإمام شبرا، مات ميتة جاهليّة (أخرجه البخاري)
“Barangsiapa
keluar dari imam satu jengkal, maka ia akan mati dalam keadaan jahiliyah (bodoh)”
Komentar
Posting Komentar